Usia Bayi Anda 8 Bulan? Ketahaui Apa Saja Perkembangannya!

Melihat bayi anda tumbuh dan berkembang secara baik dan maksimal adalah harapan semua orangtua. Setiap bulan bayi akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda. Yang diawali dari hanya bisa tersenyum, tertawa sampai bisa tengkurap merupakan salah satu perkembangan yang dialami bayi pada umumnya. Setelah perkembangan bayi yang berusia tujuh bulan maka bayi akan memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang baru pada usia delapan bulan. Setiap bulan tentunya bayi akan memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

Ketika bayi menginjak usia usia delapan bulan, perkembangan dan pertumbuhannya semakin menarik untuk diikuti. Di usia delapan bulan ini bayi akan lebih berkembang dan lebih berinteraksi dengan lingkungannya. Mungkin pada usia delapan bulan ini anak bayi anda akan memiliki kelakuan yang lebih aktif darpada sebelumnya dan mereka akan semakin lincah untuk bergerak dan melakukan berbagai hal yang dia inginkan. Seperti apa sajakah perkembangannya dalam usia delapan bulan ini? simak penjelasannya di bawah ini.

 

Sudah belajar untuk bisa berdiri sendiri

Pada umumya di usia delapan bulan ini bayi akan berusaha untuk bisa berdiri sendiri dengan memgang alat bantuan seperti kursi, meja, atau barang lainnya yang bsa dijadikan untuk pegangan dia berdiri. Mereka akan mencari tahu segala sesuatu yang membuat mereka penasaran dengan belajar berdiri mereka akan bisa mengetahui apa yang menjadi keingintahuannya.

Motorik berkembang lebih baik

Ketika bayi berusia tujuh bulan bayi akan mulai untuk bisa mengangkat tubuhnya sendiri dengan tangan dan lutut mereka. Dan pada usia delapan bulan bayi akan bisa menggerakkan seluruh anggota badannya dengan baik otot-otot pada bayi juga akan berfungsi dengan baik dan ototnya akan semakin kuat sebagai dasar untuk berjalan. Perkembangan lainnya adalah bayi sudah bisa belajar untuk duduk sambil menekuk lutut mereka sendiri setelah belajar berdiri, apabila bayi anda kesusahan anda bisa membantu mereka dengan menggenggam kedua tangannya.

Bayi akan lebih sering memainkan mainan mereka seperti membanting, memukul atau bahkan menjatuhkannya. Mereka akan memakan makanannya sendiri dengan melalui tangan mereka. Dengan menggenggam makanan tersebut dan memasukkannya ke dalam mulut seperti biskuit, makanan bayi dan sebagainya. Anda juga perlu mengawasi setiap makanan yang masuk ke dalam mulutnya jangan sampai bayi anda memasukkan sesuatu yang berbahaya ke dalam mulut mereka.

Berkomunikasi lebih baik

Diusia delapan bulan bayi sudah bisa mencerna kata-kata yang sering ia dengarkan dengan baik. Dalam usia ini bayi yang memiliki perkembangan yang cepat akan bisa mengucapkan beberapa kata yang mudah yang sering didengarkan dengan benar. Untuk memperlancar komunikasinya bayi anda dapat membantu merangsang perkembangannya dengan setiap hari melatih bayi berbicara kata-kata yang mudah dan mengulanginya agar bayi dapat mencerna dan menirukan dengan baik. Selain dengan melatihnya anda juga bisa mengajarkan kata-kata kepada bayi melalui acara anak yang ada di televisi ata melalui film kartun yang bertemakan pembelajaran anak. Disana anda bisa mengarahkan anak anda untuk menirukan kata-kata yang baik untuk diingat dan sebagai pembelajaran bagi anak anda.

Itulah beberapa pertumbuhan dan perkembangan bayi ketika memasuki usia delapan bulan anda bisa mengamati perkembangan dan pertumbuhan anak anda dengan cermat dan mendukung perkembangan dann pertumbuhan anak anda agar mereka memiliki perkembangan  yang baik dan maksimal.

Leave a Reply