Usia 2 Bulan, Bayi Anda Berkembang Sejauh Mana?

Setiap perkembangan yang dialami oleh bayi tentunya akan dinantikkan oleh orangtua mereka.  Perkembangan setiap bulan yang dialami oleh bayi akan memberikan kemajuan. Mungkin pada usia satu minggu hingga usia satu bulan bayi akan mengalami perkembangan yang sama. Namun ketika bayi anda memasuki usia dua bulan bagaimana perkembangan yang akan ia dapatkan? Apa saja perkembangan dan kemajuan yang akan ditunjukkan oleh bayi anda?

Mulai bisa merespon dengan senyuman

Pada usia dua bulan bayi sudah bisa merespon segala bentuk komunikasi orang yang mengajaknya berbicara atau bergurau dengan senyuman. Perkembangan otak pada bayi yang berusia dua bulan akan lebih tumbuh mereka akan merespon alunan musik dengan senyuman atau dengan cara menendangkan kaki mereka sambil tersenyum.

Penglihatan bayi juga ikut berkembang

Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka banyak  pertumbuhan yang akan didapatkan oleh bayi. Awal dari penglihatan pada bayi hanyalah berwarna hitam putih, pada usia dua bulan bayi akan memiliki perkembangan pada penglihatan mereka dengan dapat melihat banyak warna dan berbagai bentuk. Anda bisa membantu penglihatan bayi untuk berkembang maksimal dengan sering menunjukkan mereka benda-benda dengan berbagai warna dan bentuk. Mata bayi sudah bisa melihat benda yang bergerak dan penglihatan mereka akan mengikuti benda yang dilihat bergerak itu.

Bayi akan mendapatkan perkembangan motorik

Banyak gerakan yang akan ditunjukkan oleh bayi ketika usia mereka bertambah contohnya bayi akan menghisap jarinya sendiri untuk menenangkan dirinya sendiri, atau ketika mereka tidak ada hiburan. Tangan bayi sudah bisa untuk melakukan buka tutup telapak tangan dan bisa memainkan jemari mereka. Dan pada usia ini bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri apabila anda mencoba untuk menengkurapkan bayi anda.

Perkembangan pada pendengaran bayi akan lebih baik

Bayi akan memiliki perkembangan pada indera pendengaran mereka. Pada usia dua bulan ini bayi akan mulai bisa membedakan suara yang sering mereka dengar. Anda bisa mengajak bayi anda untuk berkomunikasi atau anda juga bisa untuk bernyanyi dengan lirih agar bayi anda terbiasa dengan suara anda.

Jam tidur bayi

Saat memasuki waktu untuk tidur, bayi yang berusia dua bulan pada umumnya memiliki waktu tidur 15 smpai 16 jam dalam sehari. Umumnya jam tidur bayi akan dibagi menjadi beberapa waktu dan para ibu harus siap sedia ketika bayi terbangun dan waktunya untuk mendapatkan ASI. Anda perlu melakukan pembiasaan untuk bayi bisa tidur sendiri tanpa didampingi hal ini dikarenakan agar bayi bisa tidur tanpa didampingi orangtua ketika orangtuanya sedang sibuk atau sedang bekerja. Ketika bayi anda mengantuk anda bisa meletakkannya pada tempat tidur bayi sendiri kemudian anda bisa membelai kepalanya atau menenangkannya agar terlelap. Pastikan dan biasakan untuk menjaga dan menidurkan bayi anda untuk tidur dengan posisi terlentang. Hal ini bertujuan agar bayi anda tidak terkena sindrom kematian bayi secara tiba-tiba.

Itulah beberapa perkembangan dan pertumbuhan bayi pada usia dua bulan. Banyak perkembangan dan pertumbuhan yang akan dia dapatkan secara maksimal apabila anda para orangtua juga membantu mereka dalam tumbuh dan berkembang dengan cara melatih dan membiasakan mereka pada setiap perkembangannya. Dengan begitu bayi anda akan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Namun perlu anda perhatikan bahwa perkembangan dan pertumbuhan bayi berbeda-beda jadi anda perlu terus memperhatikan perkembangan yang dialami bayi anda agar anda bisa mengetahui pembelajaran apa saja yang bayi anda butuhkan.

Leave a Reply