Tips dan Cara Agar Anak Fokus Dalam Semua Bidang

Salah satu hal terakhir yang berkembang pada seorang anak dari sudut pandang mental atau emosional adalah rentang perhatian mereka. Semakin muda anak, semakin sedikit waktu yang mereka mampu mengingat, memfokuskan dan berkonsentrasi pada apa yang mereka lakukan. Karena itu, Anda para orangtua harus mampu memusatkan upaya Anda untuk meningkatkan konsentrasi anak.  Sehingga ketika Anda berpikir anak Anda yang sudah cukup besar akan mengabaikan atau tidak menghormati Anda karena dia tidak mengambil mainannya ketika Anda berdua pulang.

Kemampuan anak Anda untuk berkonsentrasi dapat dimaksimalkan sejauh kemampuan mental mereka tumbuh dan berkembang , tetapi untuk mencoba mendapatkan lebih, banyak dari mereka menganggap bahwa apapun yang mereka lakukan akan menimbulkan sebuah kesalahan. Hal ini bisa saja menciptakan stres, frustrasi dan perasaan gagal dan harga diri rendah pada seorang anak. Tidak mampu berkonsentrasi pada harapan Anda berulang kali membuat anak merasa seolah ada yang salah dengan mereka. Lalu bagaimana cara agar bisa meningkatkan fokus pada anak dalam semua bidang? Simak tips di bawah ini.

Melakukan pendinginan sebentar

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika akan membuat anak untuk dapat fous yaitu dengan memindahkan tubuh dan memotivasi otak. Cobalah mengajak anak Anda berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah, bermain di luar sepulang sekolah, melakukan pekerjaan di rumah, atau bermain di tim olahraga. Pastikan anak Anda memiliki kesempatan untuk berlari, berjalan, atau melompat-lompat sebelum duduk untuk mengerjakan PR.

Matikan layar dan ponsel

Sebelum anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah atau melakukan apa pun yang membutuhkan konsentrasi anda perlu mematikan televisi atau segala sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi anak. Atau jika orang lain menontonnya, pastikan anak Anda cukup jauh sehingga dia tidak dapat terganggu olehnya. Selain itu, matikan atau pindahkan dia dari komputer, dan jika anak Anda memiliki ponsel, pastikan juga tidak aktif.

Buat daftar atau jadwal yang harus dilakukan

Memiliki banyak tugas dan pekerjaan rumah bisa sangat besar untuk anak-anak. Bantu anak Anda fokus untuk menyelesaikan sesuatu dengan membuat daftar bersama dari semua hal yang perlu dilakukan untuk hari atau minggu. Kemudian biarkan dia mencoret setiap tugas saat dia menyelesaikannya.

Jangan mengganggu anak ketika sedang melakukan pekerjaan mereka

Cobalah untuk menghindari percakapan saat anak Anda bekerja. Untuk memotong pembicaraan yang mengganggu sama sekali, Anda dan anak Anda bahkan dapat muncul dengan beberapa sinyal dasar atauu bisa dengan menggunakan bahasa isyarat. Misalnya, ketika Anda menunjuk ke karyanya, itu berarti dia harus kembali ke apa yang dia lakukan. Atau ketika Anda mengangkat tangan, itu artinya dia harus menghentikan apa yang dia lakukan dan mulai bekerja. Untuk beberapa anak, ada baiknya untuk meletakkan tangan di bahu mereka untuk membawa mereka kembali ke fokus.

Dengan mengambil nafas

Sewaktu mengerjakan PR, pastikan anak Anda beristirahat sejenak. Setelah bekerja selama 10 atau 20 menit dan tentunya hal ini tergantung pada usia mereka dan minta dia bangkit dan bergerak, minum, dan kemudian kembali bekerja. Tetapi jangan biarkan dia terlibat dalam hal lain selama istirahat. Hanya membuat waktu santai beberapa menit.

Itulah beberapa cara yang dapat membuat anak menjadi fokus dalam melakukan kegiatan mereka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengajarkan oada anak anda untuk melakukan kegiatan tersebut sebelum melakukan kegiatan mereka. Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply