Sudahkah Anda Mengetahui Perbedaan Anak Aktif dan Hiperaktif?

Dari sekian banyaknya orangtua tidak sedikit dari mereka yang terkadang mengeluh karena anak mereka memiliki banya tingkah dan tidak bisa diam. Dimulai dari mereka bangun sampai mereka akan pergi tidur ada saja tingkah dan kelakuan mereka yang terkadang membuat para orangtua lelah melihatnya. Memiliki tingkah laku yang selalu aktif dan tidak bisa diam merupakan suatu hal yang wajar bagi anak-anak. Karena pada masa anak-anak mereka belajar mengenal lingkungan di sekitar mereka dengan melakukan berbagai kegiatan. Namun ada beberapa anak yang gerakan aktivitasnya melebihi anak lainnya, sulit untuk diatur, nakal dan tidak bisa diam dan suka sekali untuk membuat keributan. Apabila sudah memiliki kelakukan seperti ini tidak banyak orangtua yang menganggap anaknya adalah anak ang hiperaktif.

Setiap anak memilliki karakteristik dan kepribadian sendiri yang tentunya setiap anak berbeda. Dengan adanya perbedaan tersebut para orangtua tentunya harus bisa membedakan mana anak yang hanya memiliki kelakuan aktif atau benar-benar anak hiperaktif. Apakah anda mengetahui bagaimana anak yang  memang aktif dan mana yang memang hiperaktif?

Apa dan bagaimana anak yang aktif?

Sudahkah anda mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan anak aktif? Anak aktif adalah anak yang memiliki kelebihan pada energi dan memiliki aktivitas bergerak yang lebih tinggi dibandingkan anak lainnya dan mereka memiliki otak yang normal dan sama dengan anak lainnya. Apa saja ciri-ciri anak yang aktif?

Anak yang aktif tidak sulit untuk mendapatkan fokus. Apabila sedang melakukan aktifitas atau sedang melakukan permainan anak akan mudah untuk berkonsentrasi dan fokus kepada apa yang mereka lakukan. Mereka akan menyelesaikan kegiatan mereka dengan baik dan tenang.

Meskipun mereka memiliki kelakuan yang aktif namun anak yang aktif juga bisa memiliki rasa lelah dan ketika mereka merasa lelah mereka akan beristirahat. Dan biasanya anak yang aktif memiliki sifat yang penurut dan mau berbagi dengan yang lainnya. Selain itu anak yang aktif biasanya memiliki kesabaran dan tidak suka menganggu orang lain dan mereka cenderung bisa bermain dengan tenang dan apabila merek aberbicara suaranya juga tidak keras.

Lalu, apa dan bagaimana dengan anak yang hiperaktif?

Setelah mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan anak aktif, sekarang anda akan mengetahui apa yang sebenarnya anak hiperaktif dan bagaimana dengan ciri-ciri yang ada pada anak hiperaktif? Anak hiperaktif merupakan anak yang  memiliki gangguan pada tingkah laku mereka yang disebabkan oleh perkembangan otak mereka yang tidak normal. Hiperaktif juga dikenal dengan nama Attentio Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD). Penyebab lain dari gangguan ini adalah kepala pernah mengalami  benturan dengan keras, gagar otak, pengaruh lingkungan, dan gen keturunan dari anak tersebut. Anak akan memiliki perilaku yang sangat aktif dan bahkan melewati batas kewajaran mereka tidak mampu mengontrol emosi dan gerakan mereka. Lalu bagaimana dengan ciri-ciri anak yang hiperaktif?

Ciri pertama anak yang memiliki perilaku hiperaktif adalah anak sulit untuk mendapatkan fokus dan sulit untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Anak yang memiliki perilaku hiperaktif tidak bisa berkonsentrasi dan cepat merasa bosan dalam melakukan suatu kegiatan. Mereka juga tidak memiliki rasa lelah dan melakukan kegiatan yang tidak memiliki tujuan. Selalu saja ada suatu hal yang membuatnya bergerak dan tidak bisa diam. Mereka juga tidak mau menurut apabila diberikan peringatan, mereka akan memberontak, menentang dan semaunya sendiri.  Mereka juga selalu akan berbuat jahil dan mengusili oranglain yang ada disekitar mereka.

 

Leave a Reply