Sudah Hampir Berusia 1 Tahun, Ketahui Perkembangan Bayi Anda Dalam usia 10 bulan!

Ketika bayi sudah menginjak usia ke sepuluh bulan maka para ibu akan merasakan rasa kecemasan yang lebih dikarenakan bayi akan melakukan gerakan yang lebih aktif. Setelah mengamati perkembangan bayi anda daari usia satu bulan sampai ke sembilan bulan maka ibu juga harus lebih memperhatikan dan mengawasi bayi ketika menginjak usia yang bertambah matang dan bayi tentunya akan memilliki gerakan dan aktifitas yang baru sesuai dengan tumbuh kembangnya. Bayi yang berusia sepuluh bulan ini akan menunjukkan beberapa perkembangannya. Mau tau apa saja? Simak perkembangannya di bawah ini:

Perkembangan dan pertumbuhan motorik pada bayi berusia sepuluh bulan

Bayi yang berusia sepuluh bulan sudah bisa bergerak lebih banyak dan akan memiliki banyak tingkah dan mereka akan sulit untuk diam. Mereka akan bergerak ke semua arah dan termasuk menjelajahi seluruh isi rumah atau pada sesuatu yang membuat mereka penasaran. Mereka juga sudah memiliki gerak lincah yang lebih bak seperti ketika mereka akan berdiri dan akan jongkok mereka sudah bisa melakukannya dengan sendiri tanpa dibantu oleh orangtua, namun para orangtua tentunya perlu tetap mengawasi segala gerak gerik bayi mereka.

Tidak hanya itu saja perkembangan yang didapatkan ketika bayi anda berusia sepuluh bulan.  Bayi anda akan belajar belajar berjalan sedikit demi sedikit dengan sendirinya. Meskipun demikian bayi juga akan mencari pegangan apabila mereka merasa akan terjatuh dan tidak bisa berdiri. Kemampuan koordinasi syaraf dan otot bayi juga sudah berkembang dengan baik. Mereka juga sudah bisa mengambil benda-benda yang kecil. Jadi para orangtua juga harus waspada terhadap apapun barang yang dipegang oleh bayi.

Perkembangan emosi bayi berusia sepuluh bulan

Ketika usianya memasuki sepuluh bulan bayi anad sudah bisa menunjukkan rasa cemas yang berlebihan apabila mereka  bertemu dengan orang asing atau akan berpisah dengan orang tua mereka. Untuk mengatasi hal  seperti ini maka orang tua bisa mengajak bayi untuk melakuakan  sosialisasi terhadap lingkungan yang ada di sekitanya  dengan cara yang lembut dan orangtua bis mencoba dengan  sesekali meninggalkan bayi sendirian dengan orang lain di keluarga. Ketika Anda melihat bayi menangis maka anda bisa memeluk bayi anda atau menenangkan bayi anda agar mereka kembali tenang. Hal ini bisa bertujuan untuk melindungi bayi dari rasa trauma ketika bayi merasa takut dan tidak nyaman.

Dalam usia ini juga bayi anda sudah bisa mengembangkan berbagai imajinasi untuk merangsang perkembangan emosi pada bayi. Untuk membantu bayi dalam perkembangan imajinasinya maka anda bisa sesekali memberikan permainan boneka yang bisa berbicara. Atau anda juga bisa mulai mengenalkan berbagai jenis gambar berisi binatang atau berbagai benda lain untuk apat membantu  mengembangkan imajinasi bayi anda.

Dengan perkembangan dan pertumbuhan yang sudah didapatkan pada bayi anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan berbagai pembelajaran dan pendidikan yang dapat membantu untuk memaksimalkan tumbuh kembang pada bayi. Anda juga bisa melakukan berbagai cara untuk dapat mendidik dan melakukan berbagai komunikasi agar bay anda bisa memahami dan mentaati apa yang anda ajarkan dan mereka juga bisa menerapkannya dalam berkelakuan sehari-hari. Melakukan cara tersebut dalam mendidik dan merangsang tumbuh kembang anak diperlukan agar perkembangan anak anda dapat didapatkan dengan maksimal dan bayi anda juga bisa menjadi lebih cerdas daripada usianya. Selamat mencoba para orangtua!

Leave a Reply