Sudah Berusia 9 Bulan, Bisa Apa Saja Bayi Anda?

Dengan memasuki usia yang hampir menginjak satu tahun bayi anda akan terlihat semakin banyak menunjukkan perubahan dan perkembangannya. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang sudah didapatkan menjadikan bayi anda sudah semakin mandiri dan semakin besar. Sehingga mereka bisa melakukan segala hal yang mereka inginkan. Namun dengan hal tersebut tentunya anda tidak boleh langsung melepaskan segala perhatian dan pengawasan. Anda tetap harus mengawasi dan memperhatikan tumbuh kembang anak anda karena semakin bertambah usia mereka semakin besar rasa penasaran mereka untuk mengetahui dan mencoba berbagai hal baru yang mereka inginkan.

Perkembangan pada motorik

Bertambahnya usia pada bayi akan menambah perkembangan gerak pada bayi. Pada usia sembilan bulan ini bayi anda membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dikarenakan mereka akan lebih bergerak aktif daripada sebelumnya, seperti contohnya:

Bergerak aktif dan bisa mengeluarkan mainannya dari dalam kotak. Bayi yang sudah memiliki usia sembilann bulan akan lebih melakukan banyak gerakan. Mereka senang memindahkan barang  ke tempat lainnya. Anda juga bisa mengajak bayi anda untuk bermain bersama seperti emberikannya mainan lalu kemudian menyuruhnya untuk mengembalikannya lagi kepada anda.

Selain itu, mereka akan belajar berdiri sendiri dengan berpegangan pada benda yang mereka kira aman untuk dijadikan pegangan. Mereka juga akan belajar untuk menekuk lututnya pada setiap mereka berdiri dan duduk. Mereka juga sudah bisa menunjuk sesuatu dengan menggerakkan jaari mereka. Kemudian gerak perubahan bayi yang sudah memiliki usia sembilan bulan ini akan lebih cepat daripada sebelumnya. Mereka bisa berpindah posisi dari merangkak ke posisi duduk dengan  cepat. Pada usia sembulan bulan ini bayi sudah bisa duduk tanpa perlu dengan bantuan oragtua mereka.

Kemampuan untuk berkomunikasi bertambah

Pada perkembangan berbicara dan memahami serta merespon pembicaraan orang dengan mengucapkan beberapa kata meskipun belum dengan benar cara pembicaraanya. Mereka juga sudah bisa memahami larangan para orangtua mereka. Anda juga sudah bisa melatih mereka agar mereka disiplin kepada peraturan. Anda bisa memulai dengan menggunakan larangan kepada hal yang sepele seperti jangan membuang sampah pada sembarang tempat dan larangan lainnya yang bisa anda terapkan. Bukan hanya itu saja mereka juga sudah bisa mengucapkan kata-kata yang lebih panjang daripada sebelumnya yang hanya bisa untuk mengucapkan beberapa kata.

Perkembangan kognitifnya juga ikut bertambah

Tidak hanya tingkah laku pada bayi yang ikut berkembang ingatan pada bayi juga ikut berkembang karena pada saat usia sembilan ini si bayi akan mudah merasa bosan dengan sesuatu yang begitu saja. Mereka akan mencari hal yang baru dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka juga akan mulai menangis apabila tidak menemukan atau mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Dengan terus berkembangnya usia bayi anda ada hal yang perlu diperhatikan seperti mereka akan sadar apabila sesuatu barang menjadi miliknya, mereka akan marah atau bahkan menangis ketika barang yang menjadi milik mereka diambil orang lain. Selain itu bayi juga sudah bisa menirukan hal-hal yang mereka lihat. Jadi para orangtua juga harus memperhatikan dan terus mengawasi apa saja tontonan yang layak diberikan kepada bayi. Selain itu juga para orangtua juga harus bisa menunjukkan sikap-sikap yang baik yang bisa dicontoh oleh bayi sehingga mereka tidak menirukan perlakuan yang jelek dan tidak pantas.

Leave a Reply