Memasuki Masa Kehamilan Usia 6 Bulan? Yuk Cari Tahu Pertumbuhan Janin Anda!

Mengetahui perkembangan janin anda pada saat kehamilan adalah suatu kewajiban bagi anda yang sedang hamil. Setiap bulan kondisi kehamilan anda perlu diperiksa pertumbuhan dan perkembangan janin agar mengetahui apakah janin anda tumbuh dengan baik atau tidak. Karena perubahan tidak terjadi hanya pada janin saja kondisi ibu hamil juga akan berubah sesuai dengan masa kehamilan yang dialami.  Sudahkah anda mengetahui apa saja perkembangan yang didapatkan oleh janin anda selama usia enam bulan? Simak informasinya di bawah ini.

Memasuki Masa Kehamilan Usia 6 Bulan? Yuk Cari Tahu Perkembangan Janin Anda!

Perkembangan yang dialami oleh janin

Ketika janin berusia lima bulan janin akan memiliki kulit yang tipis dan sangat lembut. Memasuki usia enam bulan kulit janin sudah mulai lebih tebal layaknya kulit orang dewasa, tetapi mesikipun demikian jaringan kulit pada janin masih belum terbentuk dengan sempurna.

Indera penglihatan terbentuk lebih baik daripada sebelumnya. Retina yang dimiliki oleh janin akan terbentuk dengan baik meskipun janin belum bisa melihat dikarenakan sensifitas yang meningkat tajam apabila melihat cahaya.

Aliran paru-paru pada janin sudah terbentuk, di dalam paru-paru janin yang berusia enam bulan sudah menghasilkan cairan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kelengketan paru-paru kanan dan kiri. Kendatipu demikian paru-paru janin yang berusia enam bulan belum tumbuh seperti paru-paru pada umumnya. Paru-paru pada janin akan tumbuh dengan sempurna saat janin memasuki usia sembilan bulan.

Selain itu pada usia enam bulan tulang-tulang pada janin akan menjadi semakin kuat. Termasuk dengan lengan dan jari pada janin anda akan berkembang dengan baik dan hampir sempurna. Pada otak bayi juga mengalami perkembangan sel-sel otak pada janin yang berusia enam bulan akan menjadi sempurna seiring berjalannya usia kandungan. Kemudian  struktur tulang belakang pada janin juga mulai terbentu dengan sempurna mulai dari sendi hingga ligamen. Tidak hanya itu ukuran janin juga akan membesar dalam usia enam bulan hingga akan berusia sembilan bulan.

Tiidak hanya itu saja  bahwa di usia 24 minggu atau enam bulan ini pembuluh darah pada janin juga mulai berkembang kemudian  saluran nafas janin sedikit demi sedikit juga  mulai terbuka. Bagian syaraf di sekitar mulut dan bibir juga mulai menunjukkan perkembangan. Bahkan janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa mendengar suara yang bersumber dari luar rahimnya. Keistimewaannya janin yang ada di rahim sudah bisa mengingat suara dari ibunya sendiri.

Perubahan apa saja yang akan terjadi pada ibu hamil usia 6 bulan?

Pada ibu hamil yang memasuki usia kehamilan enam bulan, ada perubahan yang signifikan bagi anda. rahim ibu hamil oada usia kehamilan enam bulan akan memanjang jauh di atas pusar.  Para ibu hamil akan bisa melihat gerakan-gerakan janin yang ada di dalam perut dan kaki pada ibu hamil dalam  masa kehamilan enam bulan akan mulai membengkak. Dan kaki yang bengkak pada saat kehamilan akan menyebabkan nyeri dikarenakan adanya peningkatan cairan di area kaki dan peningkatan volume darah sehingka mengakibatkan retensi air atau biasa juga disebut edama. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan alas kaki atau sepatu yang rendah atau anda juga bisa merendam kaki anda di air dingin cara ini juga bisa digunakan untuk rasa nyeri pada kaki yang bengkak.

Namun apabila anda tiba-tiba mengalami pembengkakan pada wajah dan pada tangan anda maka anda perlu menghubungi bidan atau dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Leave a Reply