Ingin Tahu Perkembangan Apa Saja yang Terjadi Pada bayi usia 7 Bulan? Simak Infromasinya!

Bayi yang sudah lahir akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Disetiap bulan bayi akan menunjukkan setiap pertumbuhan dan perkembangan mereka. Hal tersebut menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi orangtua apabila bayi mereka menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan dengan baik. Apalagi pada usia tujuh bulan bayi akan lebih banyak menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Maka sangat disayangkan apabila para orangtua melewatkan perkembangan yang dialami oleh bayi mereka.

Pada usia memasuki tujuh bulan tidak hanya bisa untuk terlentang dan memiliki gerakan yang aktif, akan tetapi pada usia tujuh bulan bayi akan mampu menggerakkan seluruh badan mereka agar bisa menggapai sesuatu yang mereka inginkan. Bukan hanya itu saja pada usia tujuh bulan ini bayi juga ada yang sudah belajar untuk merangkak. Ingin tau lebih jelas tentang perkembangan dan pertumbuhan bayi berusia tujuh bulan? Berikut ini penjelasannya.

Pada umumnya bayi usia tujuh bulan sudah bisa merangkak

Bayi akan belajar merangkak dengan belajar berusaha untuk menyeimbangkan antara lutut dan tangan mereka. Hal ini juga bisa membantu untuk perkembangan menguatkan otot-otot bayi untuk berjalan. Selain bayi mulai bisa untuk merangkak, pada usia tujuh bulan bayi akan sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Hal ini dikarenakan rasa gatal pada gusi bayi yang akan tumbuh gigi. Bayi juga sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan orangtua.

Perkembangan motorik

Usia tujuh bulan ini pada umumnya bayi akan belajar merangkak. Tapi ada juga bayi yang akan langsung bisa berjalan tidak belajar merangkak terlebih dahulu. Ada juga bayi yang belajar merangkak cara merangkak mereka bukanlah ke depan tetapi ke belakang. Semua hal tersebut yang terjadi kepada bayi anda tidak perlu dikhawatirkan karena tiap bayi pertumbuhan dan perkembangannya berbeda-beda. Selama bayi anda mampu mengkoordinasikan bagian tubuh bayi yang berfungs untuk bergerak. Apabila bayi anda belajar dallam tahap merangkak sebaiknya anda perlu memperhatikan kebersihan lantai dan kondisi lantai rumah anda pastikan lantai anda bersih dan terhindar dari kotoran.

Perkembangan berkomunikasi

Daya ingat yang dimiliki oeh bayi sudah bisa berfungsi dan berguna dengan baik pada usia tujuh bulan sehingga dia bisa mengingat suara yang biasa didengar. Anda juga dapat mengajari bayi anda untuk melafalkan kata-kata sederhana yang mudah diucapkan dan diingat oleh bayi anda seperti mama,papa, kaka atau lainnya. Dalam usia tujuh bulan ini bayi juga bisa memahami apa saja yang dilarang dan diperbolehkan oleh orangtua. Mereka akan mengerti dan memahami apa yang anda perintahkan karena otak bayi pada usia tujuh bulan sudah berkembang dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan orangtua ketika bayi berusia tujuh bulan

Gigi bayi akan tumbuh pada usia tujuh empat sampai tujuh bulan pada umumnya dan akan terus menerus bertumbuh hingga gigi bayi menjadi lengkap. Hal ini akan menyebabkan gusi pada bayi menjadi gatal dan bayi akan terus menggigit-gigit benda yang dia lihat dan pada saat ini bayi akan lebih sering mengeluarkan air liur. Anda bisa mengatasi hal ini dengan memberikan mainan yang berfungsi khusus untuk menjadi mainan yang digigit oleh bayi. Kemudian anda juga harus memastikan kebersihan mainan tersebut. Jangan sampai ada kotoran yang ada dan kemudian akan digigit oleh bayi anda. Mainan ini membantu untuk mengurangi rasa gatal pada gusi bayi akibat akan bertumbuhnya gigi.

Leave a Reply