Bingung Mengatasi Anak Nakal? Inilah Cara Mengatasi Anak Nakal yang Ampuh

Funny preschool aged boy fooling in classroom; Shutterstock ID 109983830; PO: TODAY.com

 

Semua anak tentunya memiliki kriteria dan karakteristik masing-masing. Ada anak yang pendiam dan pemalu, ada anak yang mudah berbaur dengan lingkungannya, ada juga yang yang nakal dan tidak mau diatur. Terkadang hal tersebut membuat orangtua merasa jengkel dan akan melakukan tindakan kekerasan kepada anaknya. Dengan melakukan kekekerasan kepada anak ketika mereka melakukan kenakalan atau melanggar sebuah peraturan yang anda buat bisa saja tidak akan membuat anak anda menjadi kapok, bisa saja di kesempatan berikutnya mereka melanggarnya kembali. Anda juga sebagai orangtua tidak bisa hanya marah-marah kepada anak anda. Lalu bagaimana cara mengatasi anak nakal yang baik dan bisa diperhatikan oleh anak anda? Simak caranya di bawah ini:

Cara mengatasi anak nakal:

Cara yang pertama:

anda bisa melakukan pendekatan kepada anak. Ketika anak anda sedang rewel, nakal atau tidak bisa diatur jangan langsung memarahinya dan jangan merespon dengan sikap yang emosional. Karena cara tersebut tidak akan menyelesaikan masalah anak anda justru anak akan semakin rewel dan bandel. Apabila anak sudah bertambah rewel dan bandel maka anda akan menjadi kerepotan sendiri.

Jika anda tidak ingin hal itu terjadi maka, anda perlu melakukan pendekatan dengan pelan-pelan. Berbicara dengan lemah lembut kepda anak. Jika anda membiasakan berbicara kepada anak dengan bahasa yang baik, lemah lembut dan tanpa emosi pasti anak akan mau menuruti kata-kata anda.

Cara yang kedua:

Menunjukkan tekat yang kuat dan konsisten kepada peraturan yang dibuat untuk menjadikan anak anda disiplin. Selain diperlukan sebuah konsisten dalam mendidik anak, orangtua juga memerlukan sebuah tekat yang kuat untuk bisa menghadapi dna mendidik seorang anak yang nakal.  Apabila anak sedang bertengkar dan anda sulit untuk menghentikannya dan melerainya maka yang para orangtua butuhkan adalah sebuah tekat yang kuat. Tekat yang kuat perlu dimiliki oleh para orangtua karena apabila anda para orangtua tidak memiliki tekat yang kuat untuk melerai dan memberhentikan pertengkaran anak anda maka anak anda tidak akan berhenti. Dengan tekat itu juga anda bisa mendidik anak anda dan menjauhkan mereka dari hal-hal dan pengaruh yang buruk bagi mereka.

Cara yang ketiga:

Membuat peraturan khusus untuk anak anda merupakan salah satu cara yang bisa menjadikan anak anda disiplin dan patuh kepada anda. Ketika anda membuat peraturan anda juga harus membuat sebuah hukuman atau konsekuensi yang akan diterima apabila anak anda melanggarnya supaya anak anda tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang anda buat. Semakin sabar anda menghadapi anak anda maka mereka juga akan semakin mudah untuk anda atur dan anda disiplinkan. Anda juga bisa memberikan sebuah reward atau sebuah hadiah apabila anak anda mampu menjalani dan tidak melanggar aturan yang anda buat.

Cara yang keempat:

Jangan terlalu memanjakan anak dan menuruti segala kemauan mereka. Memanjakan anak dan menuruti segala kemauan mereka merupakan salah satu cara mendiik yang salah dan akan memiliki pengaruh buruk bagi anak anda. Hal tersebut akan berkibat anak anda akan menjadi terbiasa dengan sesuatu yang mudah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Oleh karena bagi anda para orangtua jangan pernah memanjakan anak anda dan menuruti segala kemauan mereka dengan mudah, karena akan membentuk karakter malas dan tidak mau berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Leave a Reply