Berusia 4 Bulan, Janin Anda Tumbuh Sebesar Apa?

Ketika para wanita hamil tentunya memiliki rasa penasaran terhadap tumbuh kembang janin yang ada di kandungan mereka. Karena tentunya setiap bulan akan janin yang ada di kandungan akan bertambah usiaa dan bertambah juga tumbuh kembangnya sesuai dengan usia kandungan. Untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan apa saja yang didapatkan janin ketika berusia empat bulan yuk simak informasinya di bawah ini!

Ibu sudah bisa merasakan gerakan janin di dalam kandungan

Di empat bulan usia kehamilan wanita hamil sudah tidak bisa menggunakan pakian-pakaiannya yang kecil atau yang ketat dikarenakan pada usia hamil empat bulan perut akan membesar dan janin akan tumbuh semakin besar dengan wajahnya yang sudah bisa terlihat jelas.

Bagaimana petumbuhan pada janin yang ada di kandungan saat berusia empat bulan?

Janin akan mengalami pertumbuhan pada tempurung kepalanya yang tersusun dari tulang rawan akan mulai mengeras. Pada bagian saraf tulang belakang mulai dikelilingi oleh lapisan pelindung yang dinamakan mielin. Tidak hanya itu saja ada juga kelenjar keringat yang mulai berkembang pada seluruh tubuhnya. Tali pusar yang menjadi saluran sumber makanan pada janin akan mengembang dan menjadi lebih kuat daripada sebelumnya.

Tubuh janin akan membesar mengimbangi pertumbuhan kepala sehingga tubuh janin dan kepalanya akan seimbang. Wajahnya mulai terbentuk sempurna dikarenakan adanya pertumbuhan alis dan bulu mata. Meskipun kelopak mata pada janin tertutup atau tidak terbuka tetapi bola mataya sudah dapat bergerak. Mulut pada janin juga dapat membuka dan menutup. Kemudian jari-jari pada janin aan terbentuk begitu juga dengan sidik jarinya juga akan mulai terbentuk. Janin juga sudah bisa memberikan respon terhadap bunyi yang berasal dari luar rahim seperti contohnya suara musik, meskipun anda belum selalu dapat merasakan pergerakan dari janin. Tubuh janin belum banyak menyimpan banyak lemak sehingga kulitnya terlihat seperti keriput.

Apa lagi yang berkembang pada janin berusia empat bulan?

Tampak pertumbuhan pada janin yang berusia empat bulan adalah pembuluh darah sudah terlihat pada permukaan kulit. Telinga pada janin juga sdah bisa terlihat meskipun belum sempurna. Dan yang perlu diketahui bahwa pada usia kandungan empat bulan jenis kelamin pada janin sudah bisa diketahui. Janin akan bergerak dengan perlahan dan sang ibu bisa merasakan gerakan-gerakan oleh janin.

Selain itu, janin sudah dapat menelan cairan ketuban dan ginjalnya sudah dapat untuk memproduksi urine. Pada usia janin empat bulan rambut akan tumbuh pada janin. Saraf-saraf penting seperti saraf utuk mencium, merasa, melihat dan mendengar juga menyentuh akan mulai terbentuk pada otak. Tubuh pada janin akan mulai dilindungi oleh lapisan lemak. Untuk asupan yang didapatkan janin adalah asupan yang dimakan oleh ibu yang nantinya akan menyerap air yang ada di dalam cairan ketuban dan akan mengalir  ke dalam usus besar.

Ketika anda mulai bisa merasakan gerakan-gerakan halus janin dan usia kehamilan anda menginjak usia empat bulan anda sudah bisa memeriksa jenis kelamin dari janin anda. Itulah yang akan anda ketahui ketika usia kandungan anda menginjak empat bulan. Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar bisa mendukung dan memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan pada janin anda. Dengan mendukung dan membantu memaksimalkan proses tumbuh kembang padaa janin akan membantu janin anda berkembang dengan maksimal dan tanpa ada gangguan. Semoga membantu!

Leave a Reply