Bayi Anda Baru Berusia 1 bulan? Yuk Simak Perkembangannya!

Bayi yang baru lahir mungkin akan memerlukan penyesuaian diri dengan kehidupan baru yang didapatkannya. Bayi yang baru lahir akan mengkondisikan dirinya pada lingkungan yang dia tinggali. Bagi seorang ibu tentunya harus mengamati dan melihat oerkembangan dan pertumbuhan yang akan didapat oleh bayi. Dan seorang ibu perlu memberikan perawatan yang baik dan yang maksimal agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal pula. Ingin tahu perkembangan dan pertumbuhan apa saja yang akan didapatkan bayi ketika baru menginjak usia satu bulan? Baca informasinya di bawah ini!

Mulai belajar megenali suara orangtua mereka

Bagi orang yang baru pertama kali mempunyai bayi mereka akan berpikiran bahwa bayi yang baru lahir atau yang masih berusia satu bulan akan menghabiskan waktu mereka dengan tidur. Namun anda perlu mengetahui bahwa bayi yang berusia satu bulan meskipun mereka sedang tidur namun otaknya mulai berkembang dan mereka mampu belajar mengenali suara orangtua mereka. Pada usia dini para orangtua bisa merangsang tumbuh kembang bayi dengan terus memberikan rangsangan-rangsangan agar mereka memiliki tumbuh kembang yang maksimal.

Perkembangan motorik

Seiring dengan usianya yang akan terus bertambah. Pada usia awal yang baru lahir yaitu usia tepatnya satu bulan bayi sudah bisa untuk mencengkeram tangan anda dengan cengkraman yang kuat. Selain itu bayi juga sudah bisa untuk menggerakkan kepalanya ke kanan atau ke kiri dengan tujuan untuk melatih fokus pada bayi dan akan mengikuti gerakan objek yang dia perhatikan.

Selain itu bayi yang berusia baru satu bulan mulai bisa ditengkurapkan namun mereka tidak bisa untuk tengkurap sendiri karena tulang mereka masih belum tumbuh mejadi tulang yang kuat untuk melakukan banyak gerak. Dan pada usia ini bayi akan berusaha untuk menghisap jarinya, untuk mengatasi masalah ini anda bisa membantu bayi dengan memberkan mereka dot yang bisa dihisap oleh bayi sehingga mereka tidak menghisap tangannya atau jarinya.

Kemampuan perkembangan berbicara atau bersuara terus berkembang

Pada usia awal bayi ini bayi akan mendengarkan orang-orang di sekitarnya berbicara. Agar perkembangan mereka berjaan dengan maksimal anda bisa mengajak bayi untuk terus berbicara walaupun bayi anda belum mengerti apa maksut pembicaraan anda. Hal ini bertujuan untuk melatih bayi anda agar bisa belajar berbicara. Maka respon yang akan diberikan bayi anda ketika melihat anda dan mendengarkan suara anda mereka akan mengeluarkan sepatah kata seperti mengucapkan kata ‘a’. Kemudian ketika bayi anda menangis anda bisa menghampiri bayi anda dan memeriksa apakah sesuatu terjadi pada bayi anda. Hal itu juga merupakan salah satu komunikasi bayi ketika mereka membutuhkan sesuatu.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda memiliki bayi yang berusia satu bulan

Ketika bayi yang baru lahir tentunya tali pusarnya akan menempel pada bayi dan kemudian dokter akan memotong tali pusar tersebut. Dan ketika anda memandikan bayi anda maka anda harus memperhatikan bagian pusar bayi dan anda harus menjaganya agar tetap kering.

Anda dapat merangsang perkembangan bayi anda yang berusia satu bulan ini dengan mengajaknya berbicara sesering mungkin dalam jarak yang dekat dan jangkauan yang bisa dipandang oleh bayi anda. Karena hal ini bisa melatih kefokusan pada bayi. Karena bayi akan lebih cepat tumbuh dan berkembang ketika mereka diajak sering berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya dan tentunya dengan orangtuanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply