Bayi Anda Akan Menginjak Usia 5 Bulan? Apa Saja Perkembangannya?

Setiap saat bayi tentunya akan mengalami pertumbuhan.  Setiap bulan usia bayi akan bertambah begitupula dengan perkembangan mereka yang akan berkembang pada setiap waktu. Setiap perkembangan yang ditunjukkan oleh bayi anda perlu memperhatikannya. Ketika bayi anda memasuki usia pada lima bulan maka bayi akan menunjukkan beberapa perkembangan dan perubahan. Anda perlu mengetahui beberapa perkembangan yang terjadi pada bayi anda ketika memasuki usia lima bulan. Berikut ini penjelasan yang akan membantu anda.

Bayi akan mengamati benda kecil yang ada di sekitar mereka

Pada perkembangan usia lma bulan si bayi akan mengamati setiap benda kecil yang ada di sekitar mereka. Bayi akan mengamati setiap pergerakan yang dilakukan oleh benda tersebut ketika benda yang diamati menghilang mereka cenderung untuk mencari kemana perginya benda tersebut.

Mengarah kepada sumber suara

Usia lima bulan bayi sudah bisa menoleh atau mengarah kepada sumber suara yang mencuri perhatian mereka atau memanggil namanya. Orangtua bisa melatih kepekaan bayi dengan memberikan mereka mainan yang mengeluarkan bunyi yang akan mencuri perhatian mereka. Kemudian bayi juga akan merasakan apabila namanya dipanggil seperti ketika orangtua mereka memanggil namanya bayi akan reflek melihat ke arah sumber suara tersebut, kemudian apabila ada orang yang bercerita dengan menyebutkan namanya maka bayi akan menyadari hal tersebut mereka akan tersenyum atau melihat orang tersebut.

Mulai bisa untuk mengucapkan kata-kata

Kemampuan bayi dalam berkomunikasi dan mengungkapkan kata-kata juga terus bertambah. Dalam usia lima bulan ini bayi bisa mengucapkan kata-kata yang bisa berupa ocehan sepaerti mama, papa, tata. Orangtua bisa melatih bayi mereka agar bayi lancar mengucapkan kata dan memiliki banyak kata yang diserap ke dalam otak mereka untuk membantu memperlancar komunikasi mereka.

Dapat meraih mainan mereka

Pada lima bulan perkembangan yang dialami bayi mereka sudah dapat meraih mainan yang menarik perhatian mereka. Memang pada usia ini para bayi belum bisa untuk menggenggam mainan atau benda tetapi mereka bisa meraih benda tersebut dan memainkannya. Mereka akan belajar sendiri untuk bisa menggenggam benda atau mainan tersebut. Dalam tahap ini anda bisa membantu si bayi untuk dapat menggenggam benda tersebut.

Untuk memaksimalkan perkembangan pda bayi anda yang berusia lima bulan anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

Melatih berbicara dan berkomunikasi

Orangtua bisa melatih bayi mereka untuk berkomunikasi dan berbicara dengan mengajak mereka untuk menirukan berbagai kata. Dengan mencotohkan kata yang mudah seperti apa, mama, kaka, papa akan membantu komunikasi pada bayi menjadi lebih maksimal.

Melatih bayi untuk bisa duduk

Anda bisa membantu bayi anda untuk duduk sendiri. Dengan membantunya duduk pada tempat yang memiliki sandaran kemudian anda bisa mendudukan bayi anda pada tempat tersebut dengan anda tetap menjaga dan memegangi bayi anda agar tidak terjatuh.

Memegang benda

Untuk melatih si bayi memegang benda, anda bisa melatih mereka dengan memberikan benda yang tidak berbahaya kepada bayi dan mencoba melatih bayi untuk memegangnya dengan memberikan benda tersebut ke tangan si bayi. Anda bisa memberi bayi dua benda agar dapat dipegang di kedua tangan bayi.

Itulah beberapa perkembangan yang terjadi pada bayi ketika memasuki usia lima bulan, dan anda bisa mengamati pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bayi anda apabila menginjak usia lima bulan. Semoga membantu!

Leave a Reply