Apa Saja Perkembangan Pada Bayi Saat Menginjak Usia 3 Bulan?

Memiliki seorang bayi bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan sekaligus merepotkan.  Melihat bayi anda bisa tumbuh dan berkembang menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan sekaligus membayar rasa lelah yang anda dapatkan. Setiap bulan bayi akan tumbuh dan berkembang, setiap bulan juga bayi akan memiliki tingkah laku yang baru.  Merawat bayi yang memasuki usia tiga bulan akan cukup melelahkan bagi anda yang baru saja memiliki bayi, namun bagi anda yang sudah pernah merawat bayi hal tersebut menjadi hal yang sudah biasa. Lalu, apa saja perkembangan pada bayi saat memasuki usia tiga bulan?

Bayi akan mengalami pertumbuhan pada fisik

Pada usia tiga bulan bayi akan tumbuh menjadi lebih kuat, terutama pda bagian kepala dan leher bayi. Mereka akan bisa mengangkat dan menahan kepala mereka sendiri tanpa perlu ditahan dan dipegangi oleh orangtua. Tidak hanya kepala da leher, otot-otot pada tangan dan dada bayi akan menjadi lebih kuat juga. Anda bisa mencoba untuk membuat bayi tengkurap mereka sudah bisa menahan berat yang ada dan beberapa bayi akan mencoba bergerak-gerak sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, otot pada bagoan bawah dan juga bagian kaki bayi akan menjadi lebih kuat dan mereka akan semakin kuat untuk melakukan tendangan. Anda bisa membuat perkembangan pada otot bayi menjadi lebih lancar dengan memijat bagian kaki bayi secara perlahan dari atas sampai bawah.

Kemudian pada usia tia bulan bayi bisa membuka dan menutup telapak tangan mereka. Bayi juga bisa menggenggam beberapa benda seperti jari orangtua mereka, makanan, mainan dan lainnya. Selain itu bayi juga bisa memasukkan makanan atau mainan ke dalam mulut mereka, jadi para orangtua harus lebih waspada.

Motorik pada bayi juga akan berkembang

Di usia tiga bulan bayi memiliki banyak perkembangan selain perkembangan fisik bayi juga memiliki perkembangan motorik. Pada usia tiga bulan bayi sudah mengalami perkembangan yaitu menjadi tidak terlalu rewel dan mereka mulai bisa mengucapkan beberapa kata serta bisa diajak untuk berkomunikasi.  Apabila anda mengajak bayi untuk berbicara maka mereka akan reflek menggerakkan bibir mereka seperti ingin mengucapkan sebuah kata. Selain sudah mulai berkembang dalam komunikasi, di usia tiga bulan ini bayi juga mulai memiliki koordinasi pendengaran untuk mendengarkan pembicaraan orang yang ada di sekitar mereka.

Selain motorik, sensorik pada bayi juga akan ikut berkembang

Perkembangan sensorik yang terjadi pada bayi saat berusia tiga bulan adalah bayi mulai peka dengan kondisi yang ada di sekitar mereka. Apabila bayi mendengarkan suara alunan musik yang menyenangkan bagi mereka maka mereka akan ikut tersenyum atau tertawa mendengar musik tersebut. Tidak hanya itu pada penglihatan bayi juga akan mengalami perkembangan bayi akan senang apabila melihat warna yang cerah, anda juga bisa melatih indera penglihatan pada bayi dengan cara memberikan bayi beberapa warna cerah agar indera penglihatan mereka lebih terlatih.

Itulah beberapa perkembangan pada bayi saat memasuki usia tiga bulan. Anda bisa mengamati perkembangan bayi anda saat beranjak pada usia tiga bulan. Dengan adanya perkembangan yang ada pada bayi akan menjadikan bayi semakin pintar dan semakin tumbuh dengan baik. Dengan pengawasan dan perhatian pada bayi yang baik juga bisa mebantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave a Reply