6 Cara Mendidik Anak Usia Dini Selain di Sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat pembelajaran yang wajib bagi anak. Baik anak yang masih berusia dini maupun yang sudah dewasa. Karena dengan bersekolah mereka dapat mengetahui berbagai macam informasi dan ilmu yang dapat mereka gunakan ketika dewasa. Ilmu yang diberikan bisa berguna dan bermanfaat kelak dan oleh karena itu mereka harus mendapatkan pendidikan yang baik dan maksimum untuk dapat menjadi orang yang sukkses. Selain di sekolah orangtua juga perlu mendukung untuk mendidik anak mereka agar pendidikan yang didapatkan luas dan bermanfaat. Bagaimana cara mendidik anak usia dini selain di sekolah? Simak penjelasannya berikut ini.

Kenalkan anak anda pada perpustakaan umum

Perpustakaan adalah sumber daya tak ternilai yang menyediakan akses publik dengan gratis. Maka anda akan menemukan berbagai koleksi buku dan arsip yang terkurasi dengan baik. Perpustakaan adalah pusat informasi untuk sejumlah topik menarik yang mengejutkan. Semua hanya menunggu untuk dikumpulkan dan dibagikan dengan anak Anda. Anda bisa mengajari mereka untuk gemar membaca dan mendapatkan banyak pengetahuan ketika ada di perpustakaan umum.

Memiliki waktu luang bersama anak? Ajaklah mereka untuk mengeksplor dunia luar

Ketika Anda memiliki waktu luang bersama anak, anda bisa melakukan bepergian dengan anak-anak. Apakah itu perjalanan harian atau liburan selama seminggu  atau hanya beberapa hari. Mereka dapat belajar banyak tentang dunia. Anda dapat mengajari anak-anak tentang sejarah, geografi, dan keragaman budaya, tradisi, dan adat istiadat. Bagaimana perjalanan keluarga Anda dapat memicu rasa ingin tahu dan percakapan.

Membuat pemikiran belajar adalah hal yang penting

Meskipun mereka tampak biasa-biasa saja, kegiatan sehari-hari dapat membuka pintu bagi pelajaran baru yang menarik. Misalnya, memanggang sejumlah cookie dapat mengilustrasikan aplikasi praktis matematika, sains, dan nutrisi,menghadiri pertandingan bisbol Little League dapat mengilustrasikan statistik, sejarah, dan kerja tim. Anda bisa menanamkan sebuah pemikiran belajar merupakan hal yang penting dan anak anda harus belajar setiap hari walaupun itu dengan hal-hal yang sepele.

Memberikan pelajaran budaya

Pelajaran budaya juga sangat penting bagi anak-anak usia dini. Anda bisa mengajari  anak-anak Anda ke sebanyak mungkin sorotan artistik dan sosial. Museum, kebun binatang, situs bersejarah, dan acara budaya seperti drama, opera, balet, dan konser adalah cara hebat untuk mengajar dan menghibur anak-anak. Seringkali, anak-anak akan menemukan petualangan ini lebih menyenangkan daripada duduk di meja di sekolah. Plus, mereka dapat memperluas wawasan mereka dan mungkin membangkitkan minat, hobi, dan gairah seumur hidup.

Ambil Setiap Kesempatan untuk menjawab dengan “kenapa?”

Bahkan saat-saat yang paling biasa-biasa saja dapat menjadi peristiwa yang bisa diajar, peristiwa penting. Mendampingi Ibu atau Ayah ke kantor dapat memicu percakapan tentang perdagangan dan industri. Melihat langit malam dapat mengilhami pertanyaan tentang benda-benda langit di alam semesta yang luas. Carilah kesempatan sehari-hari untuk belajar sebagai sebuah keluarga – dan ingatlah untuk merangkul keingintahuan dan keajaiban alami anak-anak Anda.

Penggunaan Tekhnologi dengan bijak

Teknologi adalah bagian integral dari dunia modern saat ini dan perbaikan sedang dilakukan setiap hari. Ini berarti bahwa anak-anak Anda memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dan memuaskan rasa ingin tahu mereka secara cepat dan mudah. Dorong anak-anak Anda untuk mencari di web untuk jawaban atas pertanyaan mereka atau menonton video-video yang bisa dipercaya atau berita yang kredibel. Pastikan untuk menjelaskan pentingnya memfilter informasi sehingga akurat, terkini, dan memiliki reputasi. Juga pastikan untuk memantau kegiatan anak-anak Anda untuk menjaga mereka tetap pintar dan aman.

Leave a Reply