5 Bulan Kehamilan Bagaimana Perkembangan Janin Anda?

 

Saat yang membahagiakan bagi seorang ibu hamil adalah mengetahui janin yang ada dikandungannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Pada awal kehamilan mungkin akan sedikit merepotkan apalagi jika anda baru merasakannya pertama kali. Janin di dalam kadungan akan berkembang disetiap bulannya. Perut anda akan membesar seiring berjalannya usia kandungan anda hingga sembilan bulan. Anda belum tau apa saja perkembangan yang terjadi pada janin ketika berusia lima bulan? Cari tahu informasinya di bawah ini.

Janin mulai bergerak aktif

ketika anda memasuki kehamilan usia lima bulan anda akan sering merasakan sesuatu dalam perut anda bergerak-gerak. Apabila janin anda melakukan gerakan pelan maka anda tidak akan terasa namun apabila anda dalam kondisi sedang marah atau emosi janin yang ada di dalam kandungan anda akan bergerak aktif mengikuti perkembangan perasaan anda. Gerakan mereka akan semakin kuat seiring dengan bertambahnya usia kandungan anda.

Jenis kelamin janin anda sudah bisa diketahui

Rasa penasaran akan terus menerus datang apabila anda belum mengetahui jenis kelamin pada janin anda. Di usia janin yang berumur lima bulan, sudah bisa mengetahui jenis kelaminnya. Anda bisa melakukan periksa USG pada dokter kehamilan jika anda ingin mengetahui jenis kelamin janin anda. selain jenis kelamin anda juga bisa mengetahui bentuk perkembangan dan pertumbuhan janin anda pada saat melakukan USG. Pada saat itu anda sudah bisa melihat janin anda memiliki kaki dan tagan yang terbentuk sempurna.

Janin sudah dapat mendengarkan suara

Berusia lima bulan janin indera pada janin anda sudah mulai bisa untuk berfungsi seperti contohnya indera pendengaran pada janin anda sudah bisa berfungsi untuk mendengarkan suara anda.  Janin yang mendengar suara yang berasal dari luar rahim mereka akan meresponnya dengan bergerak di dalam rahim atau menendang-nendang. Dengan melakukan interaksi dengan janin saat usia lima bulan akan membantu merespon pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sudah dapat memilliki rangsangan terhadap cahaya

Selain mendengarkan hal-hal dari luar rahim ibu, janin juga bisa menerima rangsangan cahaya yang berasal dari luar rahim. Apabila anda ingin melihat respon janin yang ada di dalam kandungan anda maka anda bisa mencoba untuk menyoroti kandungan anda dengan senter maka janin yang ada di dalam kandungan akan memberikan respon dengan bergerak-gerak atau menendang-nendang dan berarti janin yang ada di dalam kandungan anda bisa menerima atau merangsang cahaya dari luar.

Alis dan rambut pada bayi sudah mulai tumbuh

Perkembangan lainnya yang didapatkan janin ketika menginjak usia lima bulan adalah rambut dan alis pada janin akan mulai tumbuh. Bersamaan dengan  perkembangan dari kulit janin yang semakin menebal akan mendukung bertumbuhnya rambut dan alis pada bayi. Rambut yang tumbuh ini dinamakan rambut sementara yang nantinya akan digantikan rambut permanen ketika bayi sudah lahir.

Di dalam kandungan janin sudah bisa menghisap jempolnya sendiri

Bagian otak pada janin akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Hal ini bisa dibuktikan dengan perkembangan pada janin yang sudah bisa menghisap jempolnya sendiri sebagai bentuk dari menenangkan dirinya sendiri apabila mendapatkan respon yang baru yang datangnya dari luar. Ketika usia janin lima bulan kira-kira berat janin mencapai 200gr.

Itulah beberapa perkembangan janin ketika berusia lima bulan, para ibu bisa membantu dan menjadika hal ini sebagai informasi atau panduan untuk membantu memiliki usia kandungan lima bulan.

Leave a Reply